Rabu, 01 Mei 2013

Standar Teknik




Standard Teknik adalah serangkaian eksplisit persyaratan yang harus dipenuhi oleh bahan, produk, atau layanan. Jika bahan, produk atau jasa gagal memenuhi satu atau lebih dari spesifikasi yang berlaku, mungkin akan disebut sebagai berada di luar spesifikasi. Sebuah standard teknik dapat dikembangkan secara pribadi, misalnya oleh suatu perusahaan, badan pengawas, militer, dll: ini biasanya di bawah payung suatu sistem manajemen mutu. Mereka juga dapat dikembangkan dengan standar organisasi yang sering memiliki lebih beragam input dan biasanya mengembangkan sukarela standar : ini bisa menjadi wajib jika diadopsi oleh suatu pemerintahan, kontrak bisnis, dll.

ANSI

The American National Standards Institute (ANSI) adalah sebuah organisasi non-profit swasta yang mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, sistem, dan personil di Amerika Serikat. Organisasi juga berkoordinasi standar AS dengan standar internasional sehingga produk Amerika dapat digunakan di seluruh dunia. Sebagai contoh, standar memastikan bahwa orang-orang yang sudah memiliki kamera dapat menemukan film yang mereka butuhkan untuk itu kamera di mana saja di seluruh dunia.

Sebelum tahun 1918, kelima masyarakat rekayasa pendiri
  • American Institute of Electrical Engineers (AIEE, sekarang IEEE)
  • American Society of Mechanical Engineers (ASME)
  • American Society of Civil Engineers (ASCE)
  • American Institute of Engineers Pertambangan (Aime, sekarang American Institute of Pertambangan, Metalurgi, dan Petroleum Engineers)
  • American Society untuk Pengujian dan Material (ASTM International sekarang)

telah menjadi anggota dari Serikat Engineering Society (UES). Pada perintah AIEE, mereka mengundang Departemen Perang pemerintah AS, Angkatan Laut (dikombinasikan pada tahun 1947 menjadi Departemen Pertahanan atau DOD) dan Perdagangan untuk bergabung dalam mendirikan sebuah organisasi standar nasional.

Menurut Paul G. Agnew, sekretaris permanen pertama dan kepala staf pada tahun 1919, AESC dimulai sebagai program ambisius dan sedikit lain. Staf untuk tahun pertama terdiri dari satu eksekutif, Clifford B. Lepage, yang dipinjamkan dari anggota pendiri, ASME. Anggaran tahunan sebesar $ 7.500 diberikan oleh badan pendiri.

Pada tahun 1931, organisasi (berganti nama ASA pada tahun 1928) menjadi berafiliasi dengan Komite Nasional AS dari International Electrotechnical Commission (IEC), yang dibentuk pada tahun 1904 untuk mengembangkan standar listrik dan elektronik

ASME

ASME (American Society of Mechanical Engineers) adalah asosiasi profesional yang, dalam perkataaan mereka, "mempromosikan seni, ilmu pengetahuan, dan praktek rekayasa multidisiplin dan bersekutu ilmu di seluruh dunia" melalui "pendidikan, pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan, kode dan standar, penelitian, konferensi dan publikasi, hubungan pemerintah, dan bentuk lain dari jangkauan. ". ASME merupakan komunitas insyinyur, sebuah organisasi standar, sebuah organisasi penelitian dan pengembangan, sebuah organisasi lobi, penyedia pelatihan dan pendidikan, dan organisasi nirlaba. Didirikan sebagai kelompok insyinyur difokuskan pada teknik mesin di Amerika Utara, ASME saat ini multidisiplin dan global.

ASME adalah salah satu yang tertua standar mengembangkan organisasi di dunia. Ini menghasilkan sekitar 600 kode dan standar, mencakup banyak bidang teknis, seperti komponen boiler, lift, pengukuran aliran fluida dalam saluran tertutup, crane, alat-alat tangan, kancing, dan peralatan mesin. Beberapa standar ASME telah diterjemahkan ke dalam bahasa lain selain bahasa Inggris, seperti Cina, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol dan Swedia.

Perhatikan bahwa menurut ASME:
  • Standard dapat didefinisikan sebagai seperangkat definisi teknis dan pedoman yang berfungsi sebagai instruksi untuk desainer, produsen, operator, atau pengguna peralatan.
  • Sebuah standar menjadi Kode ketika telah diadopsi oleh satu atau lebih badan pemerintah dan ditegakkan oleh hukum, atau jika telah dimasukkan ke dalam kontrak bisnis.

ASTM
ASTM International, yang dikenal sampai tahun 2001 sebagai American Society for Testing dan Material (ASTM), adalah sebuah organisasi standar internasional yang mengembangkan dan menerbitkan standar teknis konsensus sukarela untuk berbagai bahan, produk, sistem, dan jasa. Kantor pusat organisasi adalah di Philadelphia, Pennsylvania, sekitar 5 mil (8 km) barat laut dari Philadelphia.

ASTM International menerbitkan Buku Tahunan Standar ASTM setiap tahun di media cetak, Compact Disc (CD) dan versi online. Versi online yang tersedia dengan berlangganan dan biaya didasarkan pada penggunaan. Untuk tahun 2008, set lengkap buku atau CD biaya hampir US $ 9000 dan termasuk 81 volume. Untuk 2010, set lengkap buku atau CD biaya hampir $ 9700 dan termasuk 82 volume.

Sejarah

Sekelompok ilmuwan dan insinyur, yang dipimpin oleh Charles Benjamin Dudley membentuk American Society for Testing dan Material pada tahun 1898 untuk mengatasi rel yang sering rusak yang mengganggu industri kereta api cepat tumbuh. Kelompok ini mengembangkan sebuah standar untuk baja digunakan untuk membuat rel.
Pada tahun 2001, ASTM berubah nama menjadi ASTM International untuk mencerminkan partisipasi global dalam ASTM dan digunakan di seluruh dunia dari standarnya.
Pada tahun 2009, upaya bersama oleh pengembangan organisasi standar AAMI, ANSI, ASTM, DIN dan menciptakan satu, database terpusat untuk standar perangkat medis.
 


Sumber :
3. http://www.mecaliv.com/2013/04/mengenal-standar-teknik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar